GUIDE LINE SEDERHANA "MENGARUNGI DUNIA WIRAUSAHA"

Minggu, 10 Mei 20150 komentar

GUIDE LINE SEDERHANA "MENGARUNGI DUNIA WIRAUSAHA"

disampaikan pada acara "pelatihan kewiausahaan" bagi pemula yang diselenggarakan oleh Kementrian Koperasi dan UMKM RI, di Hotel Gracia dan Hotel Pandanaran, Semarang, 08-09 Mei 2015

A.  Prolog  

Gairah berwirusaha terus digeliatkan oleh pemerintah guna mendorong produktivitas masyarakat yang berujung pada peningkatan kesejahteraan. Wirausahawan dari kalangan UMKM didorong untuk mempunyai semangat dan percaya diri untuk lebih mengembangkan bisnis yang di gelutinya. Disamping itu, juga diharapkan akan lahir para pelaku UMKM baru sehingga menambah geliat pergerakan ekonomi secara agregat. 


Berbagai pelatihan kewirausahaan pun di gelar di berbagai daerah di seluruh tanah air dan  tak ketinggalan pula propinsi jawa tengah  .  Kurang lebih 80 (delapan puluh) orang  pelaku UMKM di lingkungan jawa tengah di karantikanakan di Hotel Pandanaran. Mereka di beri motivasi tentang semangat wirausaha, perlunya manajemen untuk menghasilkan produktivitas usaha yang lebih baik dan panduan teknis membuat studi kelayakan yang ditindaklanjuti dengan praktek langsung. Praktek penyusunan studi kelayakan ini dimaksudkan untuk mengkonstruktifkan gagasan ke dalam tulisan yang sistematis dan memiliki nalar rasional untuk dijalankan, baik usaha tersebuat baru sama sekali atau bersifat
pengembangan dari yang sudah di rintis sebelumnya. Tersusunnya studi kelayakan sederhana  ini setidaknya menjadi guide line bagi pengusaha itu sendiri dalam men-drive bisnisnya. Disamping itu, studi kelayakan ini juga materi yang bagus untuk mengakses permodalan, baik yang bersifat mutual partnership maupun hutang/pinjaman. 

Untuk efektivitas proses pelatihan, 80 (delapan puluh) orang pelaku UMKM tersebut  dibagi ke dalam  2 (dua) kelas dan masing-masing kelas berisi 40 (empat puluh) orang. Seluruh peserta tampak begitu antusias mengikuti setiap jam pelajaran.Terlihat lompatan optimistic di wajah para peserta saat mereka di sentuh dengan penyampaian kisah-kisah perjuangan yang heroic dan  terkemas dalam penyampaian interaktif.  Gairah untuk sukses itu terbaca begitu jelas, seolah keberhasilan akan segera diraih melalui aplikasi ilmu-ilmu terapan yang diajarkan ke segenap peserta. 

Semangat mereka  terbakar dan seolah ingin segera memulai cara baru dari bisnis yang mereka jalankan.   





B. Materi
Dalam agenda ini, kebetululan saja penulis  arsadcorner menjadi salah satu nara sumber dalam acara Pendidikan dan pelatihan ini. Mewakili orang yang masih belajar dan bersemangat, nara sumber coba untuk menularkan semangat dan sekaligus sharing pengalaman. Sesekali, tawa canda hadir di sela-sela keseriusan sehinnga peserta selalu fresh untuk menerima materi pelatihan.  

Oleh karena itu, dalam niat menyebarluaskan pemikiran sederhana, penulis kemudian memasukkan materi aja ke dalam blog ini dengan harapan bisa meng-inspirasi kebaikan bagi segenap pembaca khususnya mereka yang sudah atau akan terjun ke dunia wirausaha.









Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved