PARA PENGUSAHA MUDA BER-MUSCAB DI HIPMI BANYUMAS

Minggu, 12 Oktober 20141komentar


Di minggu siang sampai menjelang sore, 12 Oktober2014, para pengusaha muda dari segala penjuru Kabupaten Banyumas berkumpul di Cafe D'Saung yang beralamat di Jalan Brig.Encung Purwokerto dalam rangka mengikuti Muscab (Musyawarah Cabang) Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Cabang Banyumas. 

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Hipmi. Setelahnya, segenap peserta Muscab dipersilahkan duduk kembali, acara
dilanjutkan dengan Sambutan ketua hipmi periode 2011-2014, yaitu Bapak Rahmad Imanda. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan 2 (dua) hal penting, yaitu : 
  1. Banyumas menempati nomor 2 (dua) dalam hal perputaran uang setelah kota semarang. Hal ini menunjukkan bahwa geliat usaha di banyumas luar biasa.  oleh karena itu, beliau menghimbau kepada segenap pengusaha jangan sampai pelaku usaha Banyumas hanya menjadi penonton saja.
  2. Muscab kali ini juga akan dilangsungkan agenda regenerasi atau re-organisasi.oleh karena itu, diharapkan para penerus akan menjadikan hipmi banyumas lebih berjaya dan penuh karya.
Berkaitan dengan agenda re-organisasi, setelah melalui proses musyawarah mufakat segenap peserta Muscab bersepakat untuk mempercayakan pucuk pimpinan Hipmi Banyumas untuk  periode 2014-2017 kepada Saudara Sandra. Adapun susunan Dewan pembina dan Pengurus Inti Hipmi Banyumas untuk  periode 2014-2017 di jelaskan sebagai berikut :
 

A.  Dewan Kehormatan ;
  1. Ir. Achmad Husein
  2. Herdiansyah,SE,ST
  3. Wawan
  4. Rahmad imanda
  5. Beni
  6. Donny
B. Pengurus inti :
  1. Ketua          : sandra moreno
  2. Sekretaris  : dimas
  3. Bendahara : valdi radar
Susunan pengurus lainnya akan didefenisikan saat pelantikan pengurus yang direncanakan pada tanggal 01 Nopember 2014. 

Dalam Muscab tersebut, Sang Ketua Hipmi Baru juga didaulat untuk memberikan Sambutan. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan, "Saya berharap disepanjang periode 2014-2017 akan berjalan dengan kompak, sehingga bisa melakukan penyatuan energi dan memberikan dampak luas, khususnya bagi tumbuhkembangnya wirausahawan dan geliat dunia usaha di lingkungan Kab.Banyumas. Saya berharap sebagai komunitas pengusaha, Hipmi bisa lebih bergairah dan layak dipandang sebagai sebuah organisasi yang mempunyai roh. Saya juga berharap, komunitas di hipmi akan menjadi media efektif untuk sharing, saling menyemangati, saling berbagi informasi dan bahkan menjajagi keterbentukan sinergitas antar anggota".


Untuk me-refresh kembali pemahaman terhadap Hipmi, Saudara Dimas selaku Sekretaris Himpi untuk periode 2014-2017 menguraikan sekilas tentang sejarah kelahiran himpi. Beliau menyampaikan bahwa Hipmi Berdiri pada tahun 1972 yang di pelopori oleh Siswono, Ponco Sutowo, ARB dan lain sebagainya. Sampai saat ini Hipmi sudah ada di 33 propinsi dan memiliki 274 badan pengurus Cabang setingkat Kabupaten/Kotamadya. Jga dijelaskan bahwa keanggotaan hipmi terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu: (i) anggota biasa, yaitu para pengusaha yang berusia antara 18-40 dan; (ii) anggota luar biasa, yaitu pengusaha yang berusia diatas 40 tahun atau akrabnya disebuat senior. Motto Hipmi adalah "pengusaha pejuang-pejuang pengusaha yang bermakna tidak hanya menjadi pengusaha nasional, tetapi juga memiliki wawasan kebangsaan". Selanjutnya, Saudara Dimas juga memaparkan Concern perjuangan Hipmi Banyumas untuk periode 2014-2017, yaitu;
  1. media silaturrahmi antar pengusaha; 
  2. proteksi dan advokasi.
  3. Support kelengkapan legal administrasi perusahaan.
  4. Support manajemen pengelolaan perusahaan
  5. Support market/pasar
  6. Mediasi investasi/kemitraan mutualisme antar pengusaha
  7. Support pengembangan budaya kewirausahaan di kalangan pelajar dan masyarakat umum.
Selanjutnya, dalam sesi sharing gagasan, ada beberapa pemikiran yang mengemuka dari segenap peserta Muscab, yaitu:
  1. perlunya positioning dan penegasan nilai/value yang menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi citra Hipmi secara kelembagaan. Untuk itu, perlu mencari referensi sehingga lebih mudah untuk merumuskan nilai-nilai beda yg akan membuat Hipmi lebih fantastic, fenomenal dan mencirikan kepemudaan yang kuat.
  2. Optimalisasi Website dan FB  sebagai media komunikasi yang perlu diberdayakan. Gagasan semacam ini merupakan simbol gairah yang perlu dipupuk secara terus menerus. 
  3. Sebagai bagian dari upaya menyebarluaskan virus kewirausahaan, perlu digalakkan Hipmi Show ke SLTA/SMK dan Universitas. 
Akhirnya, Muscab ditutup pada jam 15.30 Wib. Akhirnya, untuk pelantikan pengurus Hipmi Periode 2014-2017, direncanakan pelaksanaannya tanggal 01 nov 2014. Namun, untuk tanggal fix nya masih menunggu kesesuaian jadual Bupati Banyumas dan Pengurus Hipmi Propinsi Jawa Tengah. Acara pelantikan akan dikemas dalam format sederhana tetapi tidak menoton, sehingga lebih memeriahkan acara pelantikan pengurus Hipmi.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

24 Februari 2016 01.05

Assalamu'alaykum mas. Untuk hipmi dipurwokerto kesekretariatan ada dimana ya? Mas admin sendiri punya usaha apa di purwokerto?

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved