APRESIASI TERBUKA TERHADAP : PMAT (PERSATUAN MAHASISWA ANAK TRANSMIGRAN)

Jumat, 12 September 20140 komentar


Entah kenapa, kumpul bersama waga PMAT (Persatuan Mahasiswa Anak  Trasmigran) selalu menginspirasi energi. Serasa Indonesia menjadi begitu dekat karena mereka berasal dari seluruh penjuru tanah air. Sejujurnya saya kagum sama kalian semua. Kekeluargaan yang terbangun seolah kalian semua saudara sekandung. Saya sering mendapati hal serupa pada dua orang yang bersahabat di perantauan, tetapi kalian bisa mewujudkannya dalam jumlah yang banyak. 100 lebih bukanlah angka yang sedikit dan kalian
mampu membangun sebentuk persaudaraan yang begitu erat. Itu luar biasa...sangat luar biasa dan mengundang decak kagumku sejak lama.

Kalian berasal dari segala penjuru tanah air dan terkumpul  dalam sebuah kumpulan bernama PMAT (Persatuan Mahasiswa Anak Transmigran). Semangat belajar dan membangun  masa depan telah membawa kalian ke kampus Unsoed Purwokerto. Asrama tempat sebagian dari kalian bermukim telah berhasil mempersatukan jiwa-jiwa yang berjuang untuk sebuah mimpi. Kalian membentuk satu struktur yang kemudian membangun dan mengawal keterjagaan suasana kekeluargaan dan menjadikannya sebagai sumber semangat dalam meneyelesaikan masa study.

Entah kenapa pula, saya sangat berkeyakinan bahwa kalian akan menjadi orang-orang luar biasa pada waktunya. Mungkin karena saya mendapati tatapan mata dari kalian yang didalamnya terdapat mimpi kuat dan cita-cita yang hebat. Cara kalian melangkah menunjukkan bahwa kalian memiliki keyakinan tinggi bahwa masa depan itu akan tergapai. Cara kalian bersalaman terlihat bagaimana kesantunan bertindak bukan bermakna  kalian adalah pribadi-pribadi pengecut, tetapi justru sebagai tiket strategis untuk menemukan ruang dan daya dukung bagi gagasan2 liar dan brilian.

Teruslah bersemangat, sebab semangatlah yang akan melipat energi untuk bisa berada dikeberhasilan. Teruslah berdo'a, sebab kalimat dalam do'a adalah penegasan inginmu di hadapan-Nya. Bangunlah mimpi besar, sebab itu akan menjadi muasal kepercayaan Tuhan bagimu untuk berada di ruang juang yang luas. 

Hari ini, kalian datang dan berkunjung ke gubuk dimana saya dan keluarga bermukim. Kehadiran kalian benar-benar menjadi inspirasi dan lipatan energi bagi keluarga kami untuk terus berjuang. Kedatangan kalian juga menjadi pelajaran luar biasa bagi putera-putera kami. Mereka memang masih kecil, tetapi memory kedatangan kalian akan menginspirasi mereka disaat mereka  bisa bernalar sebagaimana lelaki dewasa. Mereka akan merasa punya keluarga di seluruh Indonesia, yaitu kalian. Tentu hal ini menjadi sumber percaya diri bagi mereka untuk menjelajahi seluruh sisi negeri yang luas ini. 

Hari ini kalian telah membuat hati senang, karena senyum bahagia kalian memberi inspirasi untuk lebih semangat berjuang memperdalam arti dan makna hidup. Sejujurnya, ini menjadi pengalaman bathin yang luar biasa. Hidup terasa damai ditengah tawa dan canda kalian yang memenuhi ruang-ruang. 


Disela silaturrahmi, setelah mendengar sambutan dari Mas Agung selaku ketua PMAT, selaku tuan rumah kami mencoba menyemangati khususnya bagi 18  mahasiswa/i penghuni baru di lingkungan PMAT, ditandaskan bahwa walau berasal dari daerah bukanlah alasan untuk merasa rendah

diri. Ber-kapasitas adalah hak bagi setiap orang yang mampu prihatin dan sungguh-sungguh dalam belajar. Hanya saja, satu hal yang menjadi catatan penting bahwa ada perbedaan cara belajar antara daerah dengan di pulau jawa. Oleh karena itu, perlu adaptasi cara belajar sehingga bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. Disamping itu, juga disarankan untuk senantiasa rendah hati dan mengembangkan silaturrrahmi sehingga memiliki koneksitas yang bersifat mendukung di sepanjang masa study maupun pasca study. Segenap insan PMAT juga diingatkan untuk fokus pada cita-cita sehingga bisa menjadi seseorang yang jauh lebih baik ketimbang saat pertama kali berangkat merantau. Untuk itu, teruslah menjaga moralitas perjuangan agar kelak menjadi kebanggaan keluarga dan juga daerah masing-masing. Manfaatkan kesempatan emas berkuliah di Unsoed untuk menjadi seseorang yang bisa membentuk kemanfaatan yang luas bagi banyak orang.


Hari ini, saya ingin mengatakan sekali lagi kalau sangat bahagia karena bisa
menjadi bagian dari kalian. Saya sangat berterima kasih atas kunjungan kalian. Saya sangat merasa senang dianggap sebagai bagian dari kalian. Terima kasih kepada segenap panitia Opsepk dan segenap PMAT yang memasukkan kunjungan ke gubuk kami sebagai bagian dari agenda "Opspek" organisasi kalian. Semoga petautan dan kebersamaan ini terus terjaga dan tidak lekang oleh waktu dan zaman. Semoga kita senantiasa saling mendo'akan untuk kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Amin Ya Robbal 'Alamin.
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved