MEMAKNAI RAT dan PERTANGGGUNGJAWABAN PENGURUS dan PENGAWAS

Kamis, 10 April 20140 komentar

BIMBINGAN TEKNIS 
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS dan PENGAWAS KOPERASI

disampaikan pada Agenda Bimbingan Teknis Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas Koperasi, dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Prop.Jawa Tengah, di Gedung PLUT, Purwokerto, Kab. Banyumas, 10-11 April 2014

A.  Pengantar
Laporan Pertanggungjawaban atau LPJ merupakan bagian dari tertib organisasi sebuah koperasi. Namun demikian, menjadi menarik ketika LPJ tidak semata-mata berisi semangat mempertanggungjawabkan, tetapi juga berisi tentang semangat menumbuhkembangkan semangat berkoperasi melalui pembangunan kolektivitas. Fakta menunjukkan bahwa momen LPJ sering menjadi momok dan tak jarang sesi penyampaian LPJ di warnai ragam interupsi yang membuat forum rapat anggota berubah menjadi panas dan atau genting. Disatu sisi, kondisi semacam ini bagian dari dinamika, namun disisi lain perlu membentuk dinamika yang berkualitas sehingga memberi dampak akselerasi bagi pertumbuhan dan perkembangan sebuah Koperasi.

Idealnya, RAT adalah momentum yang dirindukan segenap unsur organisasi dimana segenap unsur organisasi berkumpul dan berbagi gagasan untuk perluasan kebermanfaatan kebersamaan di koperasi untuk tahun berikutnya. Sepertinya, kondisi ini masih tergolong jarang yang sebenarnya akibat dari belum teredukasinya anggota tentang filosopi dasar berkoperasi. Akibatnya, saran dan pendapat yang berkembang di koperasi seringkali jauh dari semangat juang dari koperasi itu sendiri. 

Pelatihan diikuti lebih kurang 35 (tiga puluh lima) Koperasi yang berasal dari Kabupaten Banyumas, Kab. Cilacap, Kab. Purbalingga dan Kab. Banjarnegara.




B. Materi
Berikut ini disajikan materi yang disampaikan pada acara pelatihan tersebut.
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved