MENYUSUN AKUNTANSI BERBASIS EXCEL SEDERHANA

Rabu, 08 Januari 20140 komentar

A.PROLOG
PKP-RI (Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia) Kab. Banyumas menggelar satu pelatihan keuangan yang di ikuti lebih kurang 50 (lima puluh) koperasi primer anggotanya (KPRI) di lingkungan Kabupaten Banyumas. Pelatihan ini dimaksudkan untuk melatihkan pola penyusunan laporan keuangan sederhana dengan mengoptimalkan fungsi-fungsi yang ada di dalam Program Excel. 

Ada yang unik dari pelatihan kali ini. Kesempatan kali ini dimanfaatkan oleh nara sumber (kebetulan penulis di blog ini) untuk mengkombinasikan dan sekaligus meng-koneksikan antara "Jatidiri Koperasi" dengan laporan keuangan. Hal ini memang tampak aneh, tetapi dimaksudkan untuk mendudukkan "akuntansi" dalam posisi luas juang koperasi. Sebab, bagaimanapun juga koperasi harus di drive dengan jati diri koperasi yang ditegaskan sebagai roh perjuangan. Disamping itu, hal ini sebagai bagian dari koreksi bijak atas pemahaman pegiat koperasi yang men-drive koperasi layaknya non-koperasi (capital grow oriented).      

Siapa tahu hal ini bermanfaat bagi segenap pembaca dan memperluas khasanah berfikir, berikut di jabarkan materi pelatihan akuntansi yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari tersebut.



B. MATERI
B.1. VERSI PDF















B.2. VERSI DAWLOAD VIA MEDIAFIRE.COM
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved