"WELCOME ADVISE" in PMAT UNSOED

Senin, 09 September 20130 komentar


BELAJAR BERSAMA MENGEMBANGKAN RASA SYUKUR

Prolog
Saatnya  tahun ajaran baru angkatan 2013 dimulai untuk sebagian besar kampus, termasuk Kampus Universitas Jenderal Soediman, Purwokerto, Jawa Tengah. Ragam aktivitas di kalangan mahasiswa pun banyak dselenggarakan, mulai dari penerimaan mahasiswa di tingkat universitas sampai ditingkatan fakultas. Tak ketinggalan pula dengan berbagai organisasi kampus baik intra maupun ekstra, tak ketinggalan organisasi PMAT (Persatuan Mahasiswa Anak Transmigran). Organisasi ini secara rutin selalu menyelenggarakan penyambutan mahasiswa baru di lingkungan anak-anak transmigran.  Disamping sebagai media perkenalan dan pembangunan silaturrahmi senior junior, momen ini juga sebagai bentuk pembekalan agar anak-anak transmigran lebih siap dalam memasuki dunia kampus.
“Pembangunan mental dan percaya diri”, kalimat itu mewakili tujuan rangkaian agenda yang dilaksanakan oleh PMAT. Salah satu dari rangkaian agenda tersebut adalah “pembekalan motivasi” kepada para mahasiswa baru di lingkungan anak-anak transmigran yang datang dari berbagai penjuru negeri tercinta ini. Kebetulan penulis di undang untuk mengisi agenda ini. 


Mengembangkan Rasa Syukur
Muasal Syukur
Tak banyak yang berkesempatan mengenyam pendidikan sampai ke tingkat universitas. Tak
banyak pula yang berkesempatan menjadi bagian dari barisan sebuah universitas nerlabel negeri sebab bisanya proses masuknya melalui penjaringan yang begitu ketat. Kekhususan anak-anak transmigran yang “masuk tanpa test” merupakan  keistimewaan yang sangat layak untuk di syukuri.  Menjadi makhluk Tuhan di “keterpilihan” itu tidak dialami banyak orang.  Hal ini sebagai wujud terima kasih yang nyata dan sekaligus ikrar betapa Tuhan selalu hadir di hari-hari orang yang bersyukur.  

Wujud rasa syukur
Ada 2 (dua) jenis syukur yang mungkin bisa dilakukan, yaitu rasa syukur secara vertikal dan secara horizontal. Kombinasi keduanya diharapkan akan mendatangkan daya dukung-daya dukung berikutnya dikehidupan.

Secara  vertikal menjaga kualitas hubungan dengan Tuhan dapat diwujudkan dalam bentuk senantiasa berupaya mewujudkan kesesuaian hati,  ucapan dan tindakan dengan
arahan Tuhan melalui kalam-kalam Nya. Ini memang tidak mudah, tetapi keberpihakan hanya hadir di kehidupan orang-orang yang memilih untuk bersadar pada-Nya.

Sementara itu, secara Horizontal, segenap anak PMAT di gugah kesadaran dan juga semangatnya untuk :
  1. Bertekad membahagiakan orang tua lewat capaian-capaian yang membanggakan. Mereka juga disarankan untuk  tidak membiasakan diri untuk mengeluh atas hal-hal kurang menyenangkan di medan perjuangan, sebab bisa jadi hal ini justru menambah beban fikiran orang tua.
  2. Memanfaatkan kampus secara optimal dan menjadikannya sebagai bagian penting dari perjuangan membentuk masa depan melalui pencapaian  3 (tiga) target minimal;
(a) IPK Minimal 3,00;
(b) menjadi aktivis kampus. Hal ini dimaksudkan untuk :  
·         Mengembangkan budaya ilmiah
·         Membiasakan diri hidup di antara berbagai karakter yang berbeda-beda.
·         Mengembangkan kreativitas
·         Mengembangkan mental dan pengalaman
·         Menumbuhkembangkan tanggungjawab sosial (social empati).
·         Merintis jaringan 
(c) Lulus dibawah 5 (lima) tahun bagi mahasiswa/i S1 dan dibawah 3 (tiga) tahun bagi mahasiswa/i D3.

Semua itu memang tak mudah, tetapi dengan menjadikan  pemanfaatan waktu yang cerdas, optimis dan mengharamkan  diri  merasa minder adalah kunci untuk meraihnya.
Pada akhirnya, sesi motivasi ini di tutup dengan kalimat pemantik semangat. Disampaikan pada mereka bahwa  anak-anak PMAT memiliki peluang besar untuk berhasil dan membentuk capaian-capaian brilian dan luar biasa, sebab setiap keberhasilan  harus ditebus dengan keprihatinan. Sementara itu,   keseharian anak-anak PMAT yang untuk sementara hidup berjauhan dengan keluarga sangat bersahabat dengan apa yang disebut keprihatinan.
Dengan mengembangkan rasa syukur, optimalisasi  kesempatan emas ini ke dalam aktivitas-aktivitas luas akan membawa pada kemuliaan dunia dan akhirat Amin Ya Robbal ‘Alamin........Bravo PMAT

















































Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved