OLEH-OLEH DARI RAPIMPROV KADIN JATENG 2013

Senin, 06 Mei 20130 komentar


A.  KADIN AWARD 2012 : AWALAN BERPENGHARAPAN YANG MENYEMANGATI
 photo IMG_3642_zps1ac1608a.jpg
Memasuki tahun ke-2 kepengurusan periode 2012-2017, Kadin Banyumas memperoleh juara Harapan III dalam Kadin Award yang diselenggarakan oleh Kadin Jateng. Sebuah capaian yang menyemangati, apalagi hal ini diperoleh saat Kadin Banyumas masih dalam tahap berbenah. Disamping itu, kontestan dari Kadin Award ini berjumlah 35 (tiga puluh lima) Kadin  Kab/Kota seJawa Tengah, sebuah capaian awal yang menyemangati untuk berbuat lebih baik. Penyerahan sertifikat diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak Bibit Waluyo  di acara Rapimprov, tanggal 06 April 2013, Patrajasa Convention Hall, Semarang.

Penyelenggaraan Kadin award dimaksudkan untuk meningkatkan gairah kadin kab/kota untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di masing-masing kab/kota di lingkungan Jawa Tengah.   Dalam proses penjurian, panitia  (cq. Kadin Jateng) fokus pada 3 (tiga) sisi penilaian, yaitu : keorganisasian (memilik bobot penilaian 50%), pelayanan (memilik bobot penilaian 30%) dan kemitraan (memilik bobot penilaian 20%).  Secara berturut-turut, para pemenang dari Kadin Award 2012 ini dijelaskan berturut-turut sebagai berikut : 1. Kadin Surakarta; 2. Kadin Jepara; 3. Kadin Pekalongan; 4. Kadin Brebes; 5. Kadin Temanggung; 6. Kadin banyumas.  


B.  SESI TALK SHOW
Narasumber 01            : Prof. Sri Adiningsih
Narasumber 02            : Anindiya Bakri
Moderator                    : Bayu

Inti dari talk show dijelaskan sebagai berikut :
 photo DSC09664_zpsc332f34e.jpg1.  Penduduk Jateng lebih kurang Rp 40 juta jiwa. Sementara itu dari sisi pelaku usaha; 40% kelas menengah; 40% kelas bahwa dan; 20% kelas atas.
2. Kesepakatan AEC (Asean Economic Community) telah ditandatangani akhir 2015 dan efektif akan berlaku 2016. Ironisnya, sampai saat ini sosialisasi dari AEC ini masih tergolong minim, sehingga masyarakat pelaku usaha, khususnya pelaku UMKM, banyak yang belum mengerti tentang AEC.
3. Dalam bahasa semangat, maka masyarakat  Jawa Tengah harus menghindarkan diri  untuk menjadi market saja, tetapi juga menjadi pelaku. Untuk itu, para pelaku UMKM harus memasang ranjau-ranjau engaman. Kadn Jateng diyakini berpeluang mengingat bahwa Kadin Jateng adalah Kadin terbaik di Indonesia saat ini.
4.  Kalau AEC di berlakukan maka arus barang, jasa, tenaga kerja dan investasi menjadi serba terbuka, sehingga diperlukan persiapan matang dalam mensikapinya.
5.  Sebenarnya, para pelaku UMKM memiliki fasilitas perdagangan antar negara yang diatur dalam regulasi, tetapi hal ini belum dimanfaatkan secara maksimal.
6. China adalah contoh negara sukses dalam memberdayakan UMKM nya dimana dalam 10 tahun mereka berhasil menjadi negara pengekspor terbesar di dunia. Padahal sebelumnya, china selalu mengalam defisit perdagangan.
7.  Ada beberapa tantangan  dalam menghadapi AEC, antara lain :
a. Perlu penyamaan mindset” antara pemerintah dan dunia usaha dalam hal pengembangan UMKM. Untuk itu, perlu peningkatan komunikasi sehingga berimplikasi pada akselerasi pertumbuhan perekonomian. 
b. Bagaimana membangkitkan ego domestic menjadi satu kekuatan untuk melawan perusahaan-perusahaan multi international.
c. Bermitra adalah salah satu strategi untuk membentuk ranjau-ranjau pertahanan sehingga  mempermudah terhadap akses informasi, teknologi, modal dsb. Untuk itu, sesama pengusaha harus mengembangkan kerjasama dalam memperkuat diri.
8.   Ada beberapa usulan :
a.  perlu menggencarkan gerakan untuk cinta produk lokal. Untuk itu, brand produk indonesia harus lebih di perkuat sehingga menarik minat konsumen. 
b.  menata ulang pola persaingan antar pelaku usaha.
c. Ekspor bahan baku/mentah dikendalikan, tetapi didorong untuk memasuki industri kreatif.
d. perlu pengintegrasian antara dunia pendidikan dengan dunia usaha, sehingga output dunia pendidikan matching dengan keperluan dunia usaha maupu peluang kerja lainnya di berbagai kawasan asean.


C.  INFORMASI dan ORIENTASI KADIN JATENG
 photo DSC09633_zpse2b0749f.jpg
1. Pada tahun 2013, Kadin Jateng akan fokus pada realisasi training centre UMKM. Dalam agenda ini, Kadin Jateng bekerjsama dengan Kadin Jerman. Kadin Jateng juga meminta kepada Kadin Pusat untuk dijadikan sebagai pilot project sentral pengembangan UMKM”.
2. Kadin jateng bekerjasama dengan Bank dalam agenda sosialisasi AEC ke segenpa lepisan masyarakat, khususnya pelaku UMKM.
GALLERY
Retno_Werdiningsih's kadin award album on Photobucket
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved