REAKSI PESERTA DIKMENKOP KOPMA LEBAH UMP PURWOKERTO

Selasa, 08 Januari 20130 komentar

A.  PROLOG
PhotobucketDalam keinginan kuat mengembangkan Kopma berbasis ketersediaan kader yang handal, Koma Lebah UMP menyelenggarakan Pendidikan Menengah Koperasi yang dilaksanakan di Kampus Megah UMP Purwokerto 05-06 Januari 2013 di lantai 04, Gedung Fak Teknik, UMP Purwokerto. Dikmen ini diikuti oleh sekitar 25 (dua puluh) lima peserta yang telah mengikuti diksarkop pada tahun lalu. Disepanjang sesi, segenap peserta di semangati  membangun gairah untuk mengambil tanggungjawab dalam membesarkan KOPMA. Tak jarang kalimat-kalimat yang keluar dari pemateri bernuansa tantangan terhadap peserta diklat, khususnya dalam hal komitmen, konsistensi, kecepatan dan kebersamaan dalam berkarya di Kopma. 


B. REAKSI PESERTA

Setelah pemberian materi, peserta selanjutnya di tugaskan untuk menulis "apa yang di rasakan dan yang direncanakan". Waktu yang tersedia 2x24 jam dan penyetoran tugas dilakukan via email. Apa reaksi dan rencana mereka???.  Berikut ini di sajikan kepada segenap pembaca:


PESERTA 01
From: Septin MarlinaSoleha <mseptin@rocketmail.com>
             Purwokerto, 06 Januari 2013, pukul 23:03 WIB


Photobucket"silahkan AMBIL SEMUA aset MILIK SAYA! TAPI anda TAK AKAN MAMPU mengambil MANAJEMEN dan SPIRIT SAYA!”. (Yaaa, sebuah arus baru, dari Kak Pemateri). ALHAMDULILLAH, terima kasih yaa ALLAH, karenaMu dan kehendakMu, hari ini Kau perkenankan saya mendapatkan teman yang BARU, pengalaman yang BARU, motivator yang BARU, tauladan yang BARU, charger yang BARU, yang insya Allah seorang inspirator saya yang BARU ini, akan membius inovasi n spirit yang BARU pada diri saya, setelah sekian lamanya saya merasakan banyak ketergantungan kepada yang lain dan merasakan banyak hal2 negatif, (yang sebenarnya ini menyeret saya, untuk melihat berbagai potensi yang mungkin sudah menampakkan, tetapi belum saya rasakan, belum saya gali, belum saya kembangkan, dan masih saya “su’udzon”i) yang pada akhirnya DAMPAKNYA hingga saat ini jadi membuat saya masih utuh dan bertahan jalan ditempat tanpa adanya PERUBAHAN REVOLUSIONER.  Adanya REVOLUSI, tak lepas dari yang namanya “kebersamaan” yang mendorong kita untuk bersama-sama merevolusikan sebuah tujuan yang satu!. yaa, mencoba MENYATUKAN TUJUAN, bukanlah hal yang mudah semudah mengedipkan gigi yang memanggil diri untuk mengunyah makanan yang tersanding didepan mata. Lain halnya saya tidak ingin bergerak, tidak ingin berkedip (apalagi melirik), karena saya tidak ingin melewatkan sedikitpun rintikan tsunami kata-kata dan inner kesuksesan yang ada pada diri anda. Demi MENYATUKAN TUJUAN, DETIK INI, saya ikrarkan diri, untuk berusaha berNIAT BAIK, walaupun yang namanya niat selalu berposisi di awal, tengah, dan di akhir, TAPI ini tidak menghalangi saya untuk tetap MENITAH, MELANGKAH, dan BERLARI mengambil sebuah kuas demi MELUKISKAN MIMPI BESAR dengan MENGOPTIMALKAN ENERGI, WAKTU, dan BAKAT disertai DOA yang IKHLAS, daaaan PASRAH adalah rehat terakhir setelah melalui step by step demi MEWUJUDKAN  lukisan mimpi yang TIDAK HANYA menjadi sebuah pajangan LUKISAN, tetapi dapat menjadi sebuah WUJUD RIIL yang dapat MEREKA (orang2 di dunia) LIHAT, RASAKAN, DAN NIKMATI WUJUD dari lukisan yang saya mimpikan!
A: “kenapa dia menjadi pemenang?”
B: “karena kamu MEMBIARKAN mereka lebih maju duluan”

**KETIKA ORANG LAIN SUKSES, SAYA AKAN MENGETAHUI SIAPA MEREKA. dan KETIKA SAYA SUKSES, ORANG LAIN AKAN MENGETAHUI SIAPA SAYA!!!**


Respon pemateri

Well..saya suka gaya Septin berkalimat, bertenaga, bervisi jauh dan bercorak spirit yg tinggi. Saya berharap kalimat2 tadi jadi penyemangat dalam membentuk karya2 luar biasa..dan mulailah dari hal paling sederhana dan menjadikannya nyata. Adalah hidup tak seindah bayang, atas dasar itulah setiap orang harus berjuang. Tuhan pun tak akan menjadi seseorang menjadi sesuatu, sebab Tuhan memberi kesempatan manusia untuk berusaha dan Dia hanya berposisi sebagai pemberi restu dan pelipat ganda hasil. Anda kah yang akan menjadi "the future leader of KOPMA LEBAH UMP??"..just Heaven knows.. Selamat berjuang membentuk sejarah hidup yang layak dikenang dan diceritakan...sukses selalu buat Septin.



PESERTA 02
Dari: Nurul Pinastika <pinastikanurul@ymail.com>
Dikirim: Minggu, 6 Januari 2013 16:21
 
Saat ini saya rasa SEMANGAT saya menjadi terbakar,membara setelah apa yang telah disampaikan oleh Bapak. saya menjadi lebih YAKIN dengan diri saya sendiri. untuk bisa lebih MAJU, lebih mandiri dalam berkarya. dan saya percaya bahwa mengikuti organisasi, khususnya KOPMA adalah "mengefektifkan waktu bermain".. bukan mengurangi waktu belajar kita. Saya tahu bahwa untuk mendapatkan yang LEBIH kita harus lakukan LEBIH... "Lakukan LEBIH untuk mendapatkan yang LEBIH" dengan motto itu saya harap saya bisa mempunyai catatan hidup yang bisa dibanggakan.., dari sekarang saya harus: 
1. mempunyai NIAT yang baik
2. mempunyai MIMPI yang BESAR
3. Mengoptimalkan ENERGIMWAKTU, dan BAKAT.
4. Berdo'a tidak egois
5. Pasrah
 Thanks a lot  atas segala motivasinya 

Respon Pemateri :
Alhamdulillah kalau apa yang kita diskusikan di acara Dikmen kemarin melahirkan semangat Nurul untuk berbuat lebih banyak hal demi pencapaian "pribadi dan kemajuan kopma lebah". Bara semangat itu harus terus dijaga dalam titik kreatif sehingga keinginan memiliki catatan yang bisa di banggakan lebih memungkinkan lebih berpeluang. Ingat....konsistensi menjadi kunci penting dalam setiap perjuangan. semangat....terus berkarya...     





PESERTA 03

From: vera melia <veramelia21@gmail.com>
Date: Mon, 7 Jan 2013 22:09:55 +0700
To: <dafarafi@yahoo.co.id>

PhotobucketYang saya rasakan.
Saya merasa senang, mendapatkan pengalaman baru yang insya allah akan bermanfaat bagi kehidupan saya kedepannya dan dengan adanya kegiatan ini saya juga mendapatkan banyak teman-teman baru yangb insfiratif.

Yang saya rencanakan.
Untuk kedepannya saya ingin KOPMA “ LEBAH” lebih maju dari sebelumnya, dan saya berharap semua anggotanya bisa diajak untuk berkoordinasi. Dan saya juga berharap kita bisa menyusun rencana-rencana kedepan untuk lebih memajukan KOPMA “LEBAH” mungkin dengan menciptakan inovasi-inovasi baru atau dengan meningkatkan kualitas usaha yang telah ada.

Respon pemateri
Well...persepsi vera atas nilai strategis diklat kemarin merupakan awal yg baik dalam menyusun dan mengaplikasikan langkah2 brilian ke depan, baik dalam konteks capaian pribadi maupun dalam konteks ke-kopma an. Teruslah konsisten dengan memperhatikan kecepatan dalam mengambil keputusan. Mulailah dari sederhana hingga mencapai puncak yg membanggakan dan layak untuk di kenang. Sukses selalu dan keep your spirit....



PESERTA 04

From: Dian Widya Utami <dianwidyau@ymail.com>
Date: Mon, 7 Jan 2013 21:31:04 +0800 (SGT)

PhotobucketKoperasi Mahasiswa adalah salah satu wadah untuk mengembangkan softskill yang dimiliki oleh seseorang. Softskill seseorang akan terasah dengan mengikuti sebuah organisasi, contohnya Koperasi Mahasiswa. Banyak sekali hal-hal yang bisa saya rasakan selama berkecimpung dalam Koperasi Mahasiswa, antara lain : Dapat mengembangkan softskill. Misalnya : Leadership, dengan jiwa kepemimpinan yang saya peroleh, saya bisa berlatih untuk mengatur diri saya sendiri dan orang lain; Managerial Skill, dengan softskill ini saya dituntut untuk dapat mengatur kemampuan/bakat yang telah dimiliki agar dapat mengembangkannya; Entrepreneurship, saya mudah dalam bersosialisasi, menjalin relasi, koordinasi, dll. Dengan berkoperasi, melatih kita agar bisa menyelesaikan suatu permasalahan. Saya dapat belajar “Apa itu koperasi”. Link yang saya miliki bertambah. Setelah saya mengikuti materi yang bapak ajarkan dalam DIKMENKOP 2013 KOPMA “LEBAH” Universitas Muhammadiyah Purwokerto, saya merasa termotivasi untuk lebih meningkatkan Spirit, Speed, Consistency. Dengan berkoperasi saya mengharapkan dapat merumuskan mimpi, berbagi peran, dan berbagi hasil untuk meraih kata “SUKSES”. Karena sesungguhnya SUKSES dapat dicapai dengan merubah perilaku.

Rencana saya kedepan, yaitu :
1.       Belajar lebih tentang koperasi.
2.      Lebih banyak menjalin relasi dengan pihak lain, dengan cara bersilaturahmi/ mencari link dari teman  
          yang kita kenal, atau mencari komunitas dimana orang-orang yang berkumpul disana adalah orang-
          orang yang semangat dan produktif.
3.      Membangun kepercayaan orang lain, dengan adanya kepercayaan dari orang lain maka kita akan 
          mendapatkan dukungan lebih. Dengan cara meyakinkan mereka bahwa kita pasti bisa.
4.      Melakukan pengkaderan yang baikk.
5.      Membuat target harian, mingguan, dan bulanan.
 Semoga yang saya rencanakan dapat tercapai dengan sebaik-baiknya. Amin.

Respon Pemateri
Waw..saya melihat Dian begitu komplit menyimak materi maupun proses pelatihan. Itu pembacaan yag cerdas dan perasaan yg bernilai harapan bagi dian maupun kopma lebah. Rencana2 Dian itu pun menegaskan komitmen yg kuat untuk terus berbuat hal2 positif demi ketercapaian sukses berbasis kolektif. Terus lah belajar dan belajar, sehingga kian banyak amunisi dalam berkarya di lingkungan kopma. Sukses selalu dan terus bersemangat...


PESERTA 05
Dari: fajar caseupper <fajar.caseupper@gmail.com>
Kepada: dafarafi@yahoo.co.id 
Dikirim: Selasa, 8 Januari 2013 15:12


Photobucketsorry pak telat (biasa panitia mah beres-beres tempat dulu dan masih
sibuk dengan LPJ, dan disela sela kesibukan saya saya mencoba saran
Bapak. yakni mengoptimalkan waktu boker).

apa yang Anda rasakan?
saya merasa Anda seperti fesbuk :-). tapi oke kalo Anda tetep kekeh
pengen tau apa yg saya rasakan pasca ceramah Anda, maka  saya akan
jawab saya merasa gedeg. Anda saya undang untuk memberi materi tentang
strategi dan managemen koprasi tapi Anda justru menghina,mencela,
menghujat,dan mendukung kehancuran kami...

apa yang Anda rencanakan?
saya akan buktikan bahwa doa Anda, celaan Anda,hinaan Anda tidak
makbul dan tidak benar.. kami akan buktikan bahwa kami ini solid tak
seloyo yang Anda pikirkan..


"berkoprasi adalah mengefektifkan waktu bermain, bukan mengurangi waktu belajar"





Respon Pemateri :

He2...saya suka sisi yang menjadi concern fajar. Saya berharap itu menjadi titik cambuk dan sekaligus sumber energi kalian untuk membuktikan bahwa kalian tidak seperti yang saya katakan. Saya sengaja mengatakan untuk memacu emosi kalian dan sejujurnya saya pun berharap kalimat saya tidak terbukti. Oleh karena itu, saya berharap fajar dan kawan2 membuktikan bahwa kalian benar-benar bisa mewujudkan karya yang membanggakan. 


Saya fikir tak perlu meminta maaf atas kalimat-kalimat saya yang membuat kalian emosi dan reaksi fajar untuk membuktikan saya salah adalah hal paling menarik bagi saya. Keberhasilan kalian bukan untuk saya, tetapi untuk rekam jejak kalian, untuk catatan-catatan brilian di hidup kalian. SUkses selalu dan saya berharap kalian bisa membuktikannya. Jangan biarkan kenyataan Kopma Lebah berikutnya membuat semua perkataan dan sentilan saya menjadi benar. Saya pun tak berharap begitu. 

Sukses selalu...semangat...  




PESERTA 06
From: shanty A_sushan <shantyasushan@gmail.com>
Date: Tue, 8 Jan 2013 18:59:09 +0700

Photobucketucapan syukur yang tiada batas saya haturkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunianya kepada kita semua... alhamdulillah kita telah menyelesaikan tugas kita dalam pelaksanaan DIKMENKOP yang dilaksanakan pada tanggal 5-6 januari 2013 yang dengan itu pula melahirkan kader - kader baru yang insyallah akan melanjutkan perjuangan para pendiri - pendiri koperasi mahasiswa "LEBAH" yang terdahulu...
"mulailah dari hal kecil" kata itu lah yang memotivasi diri saya untuk memulai mengembangkan koperasi dengan cara mumalainya dari diri saya, mulai dengan meluruskan niat saya mengikuti koperasi ini, serta membenahi semua yang harus dibenahi yang terinspirasi dari suatu ayat al-qur'an dimana disebutkan bahwa sesungguhnya ALLAH SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu yang merubahnya sendiri... inilah yang harus kita lakukan sebagai anggota koperasi yaitu berani mengubah apa yang seharusnya dirubah.. semangat berkoperasi...

ini lah yang akan menjadi rencana saya kedepan yaitu :
1. keep my spirit,time and talenta to make a real cooperative
2. memantapkan hati untuk terus konsisten dikoperasi

Respon Pemateri :
Thanks shanty atas emailnya walau dari sisi waktu sudah melewati batas..untung stock permakluman saya masih banyak walau itu tak mengubah "kesan indisipliner" dari shanti.

Yups..saya sepakat bahwa Allah memberi kesempatan bagi setiap manusia untuk melakukan sesuatu yg bisa menciptakan perubahan. Hal ini tidak hanya untuk capaian pribadi, tetapi juga tentang penciptaan manfaat dan kebermaknaan bagi banyak orang. Koperasi adalah tempat strategis, karena koperasi adalh tempat berkumpulnya orang, sehingga memungkinkan melakukan banyak hal melalui penyatuan potensi. Mulailah dari hal kecil dan pada waktunya akan menjelma menjadi satu karya besar dengan makna yang luas. 

Tetep semangat, konsisten dan terus berkarya...semoga keterlibatan shanti menjadi kopma lebah lebih bersinar...sukses selalu...



PESERTA 07
Dari: Inggil Iramanto <iramantoinggil@yahoo.co.id>Dikirim: Kamis, 10 Januari 2013 23:14 

Assalamualaikum,,,,, apa kabar pak arsad dalimunte.SE???? Sebelumnya maaf pak,,, ini saya baru memenuhi permintaan pak arsad yang kemarin waktu dikmen suruh ngirim email, karena ada suatu kendala teknis. Dan sekarang alhamdulillah saya baru memenuhinya,, walopun sudah melebihi 2 X 24 Jam...tapi semoga bapak bisa memberi toleransi buat saya. Mungkin langsung saja pak,, Apa yang saya rasakan di kopma lebah saat ini seperti kemarin yang teman2 sudah bilang,,, yaitu tentang kurang komitmen, konsistensi,spirit,kebersamaan,tanggung jawab, dan sebagainya. Saya sudah berdiskusi sesama seorang pengurus, bahwa saya pribadi siap untuk merubah itu semua untuk kesolidan kopma lebah, dan teman" nantinya juga bisa merubahnya. karena ini semua demi kemajuan "KOPMA LEBAH UMP". Dan rencana saya ke depan untuk "KOPMA LEBAH" adalah ingin mengangkat kembali nama "KOPMA LEBAH" di lingkungan kampus UMP seperti waktu dahulu kala ketika masih jaya. dan kebetulan saya berada di posisi staff departemen usaha,,, sudah tentu saya akan mengembangkan kantin kopma dahulu semaksimal mungkin dengan penuh spirit tinggi yang sedang membumbung tinggi, yang sekarang usaha satu"nya. Semoga bisa terlaksana. Trima kasih,, mohon doa restunya pak untuk "KOPMA LEBAH"
BRAVO KOPERASI!!!!!!!!!!!!!!!

Respon
thanks inggil atas emailnya...tak apa walau telat sebab stock maklum saya masih banyak kok. kesiapan inggil merubah itu sebagai modal bagus untuk kemajuan KOPMA LEBAH, tantangannya adalah bagaimana Inggil menularkan semangat itu sehingga lahir inggil-inggul yang lain. Sebab koperasi membutuhkan kolektivitas  dalam membentuk karyanya, artinya semakin banyak yang terlibat semakin besar peluang untuk berkembang. tetapi ini moment yang baik bagi inggil, khususnya dalam mengembangkan pengaruh positif ke kawan2 ke lingkungan kopma sehingga terbentuk visi dan energi kolektif dalam melangkah. jangan pernah putus asa, lakukan terus dan jangan pernah mengenal kata menyerah, sebab kopma membutuhkan pejuang-pejuang tangguh. Nikmati setiap prosesnya, kian sulit kian banyak pengalaman dan rekam jejak perjuangan. Kembangkan fikiran positif bahwa setia niat baik akan ketemu jalannya. Oke Inggil...sukses selalu dan selamat berjuang....semangattt...

C. CUPLIKAN GALLERY



arsaddalimunte's dikmenump050113 album on Photobucket
D. MATERI
Lembar 01
Photobucket LEMBAR 02 Photobucket LEMBAR 03 Photobucket LEMBAR 04 Photobucket
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved