SE-KELOMPOK ANAK MUDA MEMBENTUK KARYA

Rabu, 06 Juni 20120 komentar

Pembuka...
Koperasi Kampus Unsoed alias KOPKUN (www.kopkun.com) merupakan yang dihuni oleh orang-orang muda yang kreatif. Salah satu karyanya adalah mendirikan sekolah wirausaha yang di kemas dalam "Sekolah Wirausaha bernama CREATIVA". Sampai detik ini, respon anak-anak muda luar biasa dan sudah memasuki angkatan ke-6. 


Kebetulan, penulis menjadi salah satu instruktur di kegiatan ini. Dalam materinya, penulis meminta peserta untuk terus "keep contact", sehingga memperbesar peluang tertemukan gagasan-gagasan brilian untuk di jalankan sebagai materi berwirausaha. Beberaapa dari angkatan VI mengirimkan email tentang perkembangan mereka, sehingga penulis berfikir proses komunikasi ini layak untuk di angkat ke blog dengan harapan bisa menyemangati orang lain. Dengan demikian, wirausaha lebih tersosialisasi dan menjadikan lebih banyak kaum muda untuk memilih wairausaha sebagai pilihan hidup. 

Berikut detail komunikasi via email dari beberapa anggota angkatan VI :


01.  WINDI 
Dari: Windy Star ladies <windystarladies@yahoo.co.id>
Kepada: "Dafarafi@yahoo.co.id" <Dafarafi@yahoo.co.id>
Dikirim: Kamis, 31 Mei 2012 7:14
Judul: Tugas CREATIVA

Assalamualaikum.wr.wb…
Saya windy dari Stikes Harapan Bangsa
Sebelumnya windy minta maaf karena baru bias ngirim email nya sekarang
Pas hari sabtu windy udah ngirim tapi ternyata malah ga terkirim,,,,
Oia pak Alhamdulillah windy udah action windy udah bias sale barang buatan windy sendiri yaitu boneka couple, dompet nama,korden, dan baju desain windy sendiri…jujur windy sangat menyukai hobi windy yang satu ini karena di sini windy bisa mengeksploitasikan kreatifitas windy dengan bikin model2 baju baru sesuai keinginan windy,,,pertama windy menjalankan bisnis ini dari ketidaksengajaan,,,

Beberapa waktu yang lalu tepatnya lebaran kemaren windy dan ibu memutuskan untuk tidak membeli baju lebaran karena windy ngerasa bosen dengan model baju yang itu2 aja dan tidak sesuai dengan apa yang windy pengin,akhirnya windy desain baju sendiri dan setelah jadi ternyata banyak yang suka dengan desain windy,,,pertama-tama tetangga windy,,,terus teman2 windy dan yang paling ga nyangka ternyata ada sekolompok ibu2 yang diam2 memperhatikan style windy dari mulai cara berkerudung sampai baju yang windy kenakan,,,mereka bilang sama windy “mba,,,ko bajunya bagus2 ci modelnya unik,,,???beli dimana???”
Terus windy jawab aja “Alhamdulillah bu,,ini desain sendiri…^-^”
Subahanallah pak ini merupakan sesuatu yang luar biasa bagi windy,,,yah windy ga nyangka aja ada yang memperhatikan windy sampai sebegitunya,,kaya artis aja,,heheee……
dan Alhamdulillah sekarang ibu2 tersebut udah pesan baju desainan windy,,,senang rasanya ketika desain windy dipakai orang lain,,,,satu pelajaran yang dapat windy petik dari kejadian tersebut,,,ternyata kita tidak harus menunggu dipuji dulu untuk bias melakukan yang terbaik,,,yah windy tadinya hanya melakukan apa yang membuat windy nyaman dan Alhamdulillah Allah memberikan jalan ini untuk windy,,,,Subahanallah,,,^_^…
Sekarang windy jadi lebih semangat untuk menjalani bisnis ini,,,dan windy akan berusaha memberikan yang terbaik dari apa yang windy biasa,,,,,
Windy ingin tahun depan windy bisa mengembangkan usaha windy membuka toko baju dengan desain windy sendiri, windy ingin mempunyai konfeksi dan biasa membuka lapangan kerja baru,,,
Limited edission,,,AAMIIN…   Terimakasih,,, SEMANGAAADDD…..!!!!! ^_^
Wasalamualaikum wr.wb.

RESPON
Dari: Muhamad Arsad Dalimunte <dafarafi@yahoo.co.id>
Kepada: Windy Star ladies <windystarladies@yahoo.co.id>
Dikirim: Rabu, 6 Juni 2012 13:40
Judul: Bls: Tugas CREATIVA

waw..keren...cerita dan pengalaman yang keren. Saya salut atas cerita windy ini. Tidak semua orang berani tampil beda seperti yang windy lakukan dan ternyata itu pula sebagai inspirasi alamiah windy masuk ke dunia fashion. Apresiasi orang lain atas karya2 windy tentu menjadi penyemangat untuk terus mengembangkan bakat wirausaha. Saya ikut mendo'akan semoga "toko" nya segera buka dan variasi design nya bisa menjadi trend setter....aminn....semangattt...



2.  didik dwisantosa
Dari: didik dwisantosa <didikdwisantosa@gmail.com>
Dikirim: Rabu, 6 Juni 2012 14:12
Judul: usahaku.didik

Meraih mimpi.....................!
Potensi alam, hal pertama yang menginspirasi saya untuk mengembangkan sebuah bisnis perikanan. Dilihat dari segi waktu dan tenaga, bisnis ini sangat efektif bagi saya karena dalam masa belajar. Selain mengisi waktu luang hal ini juga untuk persiapan usaha setelah selesai kuliah. Mengingat persaingan yang semakin kesini semakin berat dan banyaknya praktek nepotisme dalam mendapatkan pekerjaan. Selain itu saya juga ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain yaitu dengan memberikan inspirasi kepada temen-teman didesa karena banyak teman-teman yang menjadi pengangguran  dikarenakan mereka mengenyam pendidikan hanya sampai SLTP.
Usahaku ini dimulai sejak aku duduk di bangku kelas 2 STM, saat itu aku hanya ikut-ikutan. Saat itulah aku mulai mendalami dan memahami bahwa peluang usaha ini masih besar walaupun banyak orang yang menggelutinya akan tetapi mereka hanya sekedar memelihara bukan untuk dikembangkan sebagai bisnis yang menguntungkan. Berawal dari dua kolam terpal ukuran 3x4 aku bisa menganalisis  tentang pemeliharaan dan hasil dari pemeliharaan tersebut.
 Kegagalan merupakan bumbu wajib yang harus dialami oleh setiap usaha untuk menuju sukses. Kalimat inilah yang selalu membangun semangat dalam jiwa untuk selalu konsisten mewujudkan apa yang diinginkan. Berbagai kendala banyak aku hadapi baik itu dari segi pengetahuan tentang usaha, permodalan, pengalaman, serta cemoohan orang yang sangat menyakitkan. Kendala yang terbesar bagiku adalah restu orang tua yang tak mengizinkanku untuk menjadi entrepreneur.
Saat ini aku sudah mempunyai tiga kolam penebaran disawah dengan ukuran 9x25 meter dengan ketinggian air bisa mencapai 1 meter dan satu kolam induk ukuran 9x7 meter. Perjuangan setahun menanti kuliah aku gunakan untuk membuat kolam tersebut sehingga sedikit impianku mulai ada hasil yaitu mempunyai kolam sendiri. Aku hanya ingin memberi contoh kepada temen-teman bahwa hidup perlu perjuangan dan tidak ada kata malu untuk hal yang baik. Walau aku kuliah tapi tak malu untuk memegang cangkul dan bekerja di sawah.
Sebuah mimpi yang inginku gapai mempunyai sebuah usaha perikanan serta dapat menolong teman-teman dari perbudakan pekerjaan yang sangat menyita tenaga dan waktu. Inspirasi bahwa mahasiswa bisa bertahan walau tak mejadi PNS dan  bisa membuat sebuah karya untuk kebermanfaatan banyak orang.
Demikian sedikit gambaran dari sebuah perjuangan untuk meraih sebuah mimpi, mohon sarannya sehingga apa yang saya lakukan bisa tercapai.

RESPON
Dari: Muhamad Arsad Dalimunte <dafarafi@yahoo.co.id>
Kepada: didik dwisantosa <didikdwisantosa@gmail.com>
Dikirim: Kamis, 7 Juni 2012 9:37
Judul: Bls: usahaku.didik

well..sebuah kisah perjuangan luar biasa. Visi yang jelas dan kedalaman niat begitu nyata serta di dukungoleh bukti2 fantastis. Itu pencapaian yang luar biasa dan semangat harus tetap dijaga agar lebih berkembang dan mendatangkan kebermanfaatan yang lebih luas bagi banyak orang. Saya suka ketika Mas didik mengatakan bahwa kendala pasti ada...saya melihat kalimat itu menggambarkan betapa semangat mas didik cukup besar menggeluti bisnis ini.

Tentang ketidakberpihakan orang tua dan menginginkan didik untuk menjadi PNS merupakan keinginan yang lumrah. Paradigma "menyekolahkan anak untuk menjadi PNS" masih banyak tertanam dalam fikiran orang tua. Ini memerlukan pengkomunikasian yang bijak tanpa melukai perasaan mereka. Teruslah berkarya dan buktikan berapa banyak oang yang sudah mendapatkan manfaat dari karya mas didik. Komunikasikan kebaikan2 dan manfaat2 yang ditimbulkan dari aktivitas bisnis ini, sehingga perlahan orang tua mas didik akan faham tentang niat sesungguhnya mas didik.  Niat kan lah bisnis itu juga bagian dari upaya membahagiakan banyak orang.  Insya Allah perlahan hal ini akan merubah paradigma orang tua tentang "entrepreneur".  

Jangan putus asa dan terus berkarya..sekedar mengingatkan libatkan Tuhan dalam segala langkah dan upaya Mas Didik dalam menjalani bisnis ini... Insya Allah keberpihakan orang tua akan datang dengan sendirinya....oke???...semangatttt............. 


3.  ABDUL CHARIS
Dari: Abdul Charis <abdulcharis44@yahoo.co.id>
Kepada: "dafarafi@yahoo.co.id" <dafarafi@yahoo.co.id>
Dikirim: Senin, 28 Mei 2012 13:30
Judul: kewirausahaan

Assalamualaiku
Saya Abdul Charis mahasiswa UNSOED Fakultas Pertanian.
Pa Arsyad, saya sudah memulai wirausaha saat ini walaupun ruang lingkupnya masih kecil yakni di kampus. Usaha yang saya jalani sekarang jualan jajanan pasar dan sebagai guru private disebuag lembaga in formal. Dari penghasilan itu alhamduliallah sudah dapat memenuhi biaya hidup saya di Purwokerto.
Masih banyak planning-planning yang masih ada di fikiran saya, tapi saya kurang berani dalam mengambil tindakan/action... mau tanya pa bagaimana supaya kita bisa berani langsung beraksi jangan terlalu banyak analisis ?
dan bagaimana pa acaranya menghilangkan rasa malu atau gengsi pada diri kita??

Planning usaha yang sekarang saya rencanakan yakni membuka lembaga in formal yang bergerak dibidang les private anak sekolah.

RESPON
Dari: Muhamad Arsad Dalimunte <dafarafi@yahoo.co.id>
Kepada: Abdul Charis <abdulcharis44@yahoo.co.id>
Dikirim: Senin, 28 Mei 2012 18:59
Judul: Bls: kewirausahaan

assalamu 'alaikum wr wb Mas Haris...
well...saya fikir anda telah melakukan hal besar dengan telah bisa menghidupi diri sendiri. itu awalan yang baik dan tentu menghasilkan banyak pengalaman bathin yang tanpa disadari membentuk kemandirian mental mas haris. Tak perlu merasa malu, justru anda harus bangga karena tak banyak orang yang bisa mencapai apa yang telah mas haris lakukan sampai detik ini.Berbhagaialah atas kemandirian itu ditengah masih banyaknya generasi muda seusia anda berangku tangan dan berharap kasih sayang orang tua untuk mem-back up kehidupannya.

Rasa malu terkadang diawali cara berfikir sendiri, sehingga kurang menghargai apa yang dilakukan. Saya katakan, saya justru hormat pada mas haris dan bahkan saya belum bisa melakukannya saat seusia mas haris. Mulailah bangga dengan apa yang dilakukan, karena tak banyak orang yang bisa melakukannya.

Mulailah segala sesuatu dengan positiv thinking dan yakinlah bahwa niat baik selalu menemukan jalannya. Nikmati segala liku yang melelahkan sebab itulah tiket mas haris untuk mencapai keberhasilan-keberhasilan berikutnya. Siapa yang bersungguh2 pasti mendapat, inilah bagian dari bukti keadilan Tuhan. Jangan pernah takut, karena ketakutan itu akan menggerus spirit untuk melakukan hal-hal luar biasa. Hiduplah dengan cara luar biasa untuk mendapatkan hasil luar biasa. Jangan pernah menyerah, karena ketangguhan dalam berjuang adalah faktor yg adil bagi Tuhan untuk mempersembahkan kesuksesan bagi anda.

Well..mari kita saling mendoakan untuk sebuah keberhasilan yang tidak hanya akan membahagiakn kita, tteapi juga berpeluang membahagiakan orang lain. Ingat, manusia yang baik adalah manusia yang bisa memberi manfaat bagi orang lain. Semoga sukses dengan rencana-rencananya, termasuk membangun lembaga pendidikan informal. Keep contact.....!!!!


4. Linda Anggraeni
From: Shopia Aeterna <shopiaaeterna@yahoo.com>
Date: Sat, 26 May 2012 05:11:26 -0700 (PDT)
To: dafarafi@yahoo.co.id<dafarafi@yahoo.co.id>
Subject: Bisnis Pendidikan

Assalamuaikum Wr. Wb
Bisnis pendidikan (Les privat)
Awal mula menjalani bisnis ini adalah karna pada dasarnya saya menyenangi dunia anank-anak yang mana bisa bnyak menghibur. kemudian itu menjadi kepuasan tersendiri apabila bisa menjadikan anak dari yang tadinya kurang bisa menjadi bisa pelajaran.  Setelah itu, kebetulan saya d tawari sama temen kakak yang seorang guru dan guru les privat untuk memegng anak muridnya beberapa orang,setelah itu berlanjut n setelah pindah kekota purwokerto saya kuliah sambil menjadi guru privat lagi dan sampai sekarang.


RESPON
Dari: "dafarafi@yahoo.co.id" <dafarafi@yahoo.co.id>
Kepada: Shopia Aeterna <shopiaaeterna@yahoo.com>
Dikirim: Minggu, 27 Mei 2012 12:45
Judul: Re: Bisnis Pendidikan

Alaikum salam mbak sophia...
Anda sudah memulai langkah besar memasuki dunia wirausaha. Disamping itu, anda juga sudah mampu mengintegrasikan antara spirit horizontal dan vertikal lewat mencerdaskan siswa2 yg anda didik dengan ikhlas.sukses selalu dan jaga niat baik..Insya Allah...


5.ERWAN
Dari: erwan dwi maman saputra <erwanmaman@gmail.com>
Kepada: dafarafi@yahoo.co.id
Dikirim: Senin, 4 Juni 2012 15:10
Judul: cerita

Pak dalam melakukan wirausaha mungkin saya masih bingung untuk melangkah. Kadang terkendala oleh inspirasi dan modal. Tetapi yang lebih adalah terkendala oleh diri sendiri yang masih ingin bersenag-senang dan mencoba hal yang baru.Untuk saat ini paling saya hanya bisa memanfaatkan sesuatu. Seperti ketika membuat makalah kelompok saya hanya memikirkan saja dan masalah pegerjaan saya tidak keluar uang saya hanya memikirkan saja. Dan saat ini saya juga terkadang menjadi makelar onderdil motor vespa walau masih cangkupan temen deket.

RESPON
Dari: Muhamad Arsad Dalimunte <dafarafi@yahoo.co.id>
Kepada: erwan dwi maman saputra <erwanmaman@gmail.com>
Dikirim: Rabu, 6 Juni 2012 13:34
Judul: Bls: cerita

let it flow...mungkin itulah yang tepat dalam memulai dan menjalani bisnis. Tak perlu memaksakan diri karena sesuatu yang diawali dari "kesadaran dan keinginan kuat" biasanya memiliki energi yg lebih berlipat. Mulailah sesuatu dari hal yang paling sederhana yang erwan bisa, sebab sesuatu yang besar berawal dari yang kecil Jangan pernah mengedepankan keterbatasan, karena itu hanya membawa diri untuk tak pernah berbuat apapun. saya menilai menjadi "makelar onderdil vespa" bukanlah hal biasa, tetapi luar biasa, sebab tak semua orang bisa melakukannya termasuk saya (sama sekali tidak mempunyai pengalaman jual onderdil vespa).  Mulailah menghargai diri sendiri, karena tanpa sengaja anda akan menjadi lebih kreatif dalam melakukan hal-hal baru.  Oke???...semangat ya....




6. RENDI
From: rendi rijaldi purnama purwangsah <rendi_06@yahoo.com>
Date: Fri, 25 May 2012 23:32:26 +0800 (SGT)
To: dafarafi@yahoo.co.id<dafarafi@yahoo.co.id>
Subject: CREATIVA

Asslm.. Met malem pak.. :D
Maaf ganggu.. saya tadi bilang saya akan memulai bisnis pada tanggal 6 july..
kenapa saya ingin memulai 6 july karena tanggal itu bertepatan dengan ulang tahun saya yang ke 22.. pada usia itu saya sudah ingin bisa menjadi lebih mandiri untuk mengembangkan ide-ide saya.. sebenernya sekarang juga saya sudah sedikit mulai bisnis kecil2in seperti menjual makaroni yang dibuat mamah saya dan membantu temen nyari barang2 yang temen minta kalau bahasa kasarnya jadi calo hehehe.. wlaupun hasilnya tidak seberapa tapi saya tidak masalah yg penting saya dapat pengalaman dan ilmu..
mungkin itu pengalaman saya nantinya buat terjun ke enterprainer.. :D

RESPON
Dari: "dafarafi@yahoo.co.id" <dafarafi@yahoo.co.id>
Kepada: rendi rijaldi purnama purwangsah <rendi_06@yahoo.com>
Dikirim: Sabtu, 26 Mei 2012 0:19
Judul: Re: CREATIVA

Well..saya sangat apresiate atas apa yg sudah mas rendi lakukan, sebuah permulaan yg tentu mendatangkan ragam pengalaman bathin. Terus lakukan, kesungguhan akan membawa mas rendi pada pengalaman2 bathin yg bahkan melebihi dugaan mas rendi tentang wirsausaha.

Terus bersemangat, karena pengusaha besar adalh mereka yg menjaga konsistensi semangat dan aksi2 fenomenal yg penuh keberanian...ingat; sesuatu yg besar berawal dari yg kecil...Sukses selalu...n keep contact..


Dari: rendi rijaldi purnama purwangsah <rendi_06@yahoo.com>
Kepada: "dafarafi@yahoo.co.id" <dafarafi@yahoo.co.id>
Dikirim: Sabtu, 26 Mei 2012 6:25
Judul: Bls: CREATIVA

terimakasih banyak atas masukannya pak, insyaallah saya akan terus bersemangat dalam hidup ini.. :D


7. ADITTYA GUSTRIANDY 
Dari: adittya gustriandy <adittya_gustriandy@yahoo.com>
Kepada: "dafarafi@yahoo.co.id" <dafarafi@yahoo.co.id>
Dikirim: Senin, 16 Juli 2012 11:58
Judul: creativa 6

assalamualaikum.
Pak, saya adittya gustriandy dari Teknik geolohi unsoed.
Menanggapi tgl yg telah dijanjikan kapan dapat memulai bisnis, sebenarnya saya berjanji di bulan agustus dan alhamdulilah saya sudah memulai dari pertengahan bualn juni. Adapun bisnis yang mulai saya jalani yaitu kuliner dengan menjual pangsit rasa pedas dan asin. Alhamdulilah dengan harga 1 bungkus 5 ribu rupiah dapat diterima di kalangan mahasiswa di Kampus Teknik Purbalingga serta warga sekitar. Namun, saya sedang terkendala tentang publikasi penjualan yang bertujuan untuk memeperluas area penjualan, mohon masukannya pak. Kemudian, saya sambil berjalan bisnis pangsit, dengan melihat daerah sekitar kampus yang terbilang sepi untuk tempat kumpul seperti nongkrong, dll. Saya memiliki ide usaha kembali dengan ingin membuka kedai susu musrni segar. Kemudian karena setelah saya survei semua dari bhan, bikin grobak, dan sewa tempat sekitar 6 jt rupiah dana yg dibutuhkan maka saya mengajak teman bergabung untuk ikut membuka kedai dengan hasil bagi rata. Adapun kendala yaitu, kami di teknik geologi padat dengan praktikum dan kegiatan himpunan nanti di smester 3, maka kami bingung untuk mencari tenaga ahli , akan tetapi kami akan selalu mengecek juga kedai setiap harinya, dan dana hasil urunan bertiga pun belum mencapai uang sejumlah tersebut, kami membutuhkan masukan dari bapak mengenai management serta tenaga ahli yg kami ingin rekrut, karena kami bertiga bukan asli dari karesidanan Banyumas pak. Yang terkahir, saya sempat mencari informasi, ternyata ada perlombaan tentang inovasi kewirausahaan baik kuliner, dan lain-lain. Adapun syartnya harus mengirim proposal ide bisnis, untuk pembuatan proposal tersebut saya masih belum tahu apa saja yang ideal untuk mebuat proposal kewirausahaan. Mohon maaf pak sebelumnya saya banyak bertanya, dan saya mohon bimbingannya.
Apapun kendala nya saya akan hadapi, karena kendala tersebut merupakan ujian untuk menjadi lebih baik lagi.
Mohon maaf pak, apabila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati bapak. Demikian baru itu yang dapat saya sampaikan. Mohon kritik, saran serta bimbingannya. Terimaksih.


 
    
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved